Rabu, 02 April 2014

Mencetak Dokumen ke PDF dengan Software DoPDF

Mencetak Dokumen ke PDF dengan Software DoPDF

Kali ini saya akan sedikit share tentang cara mencetak dokumen apa saja ke PDF. Cara ini sebenernya sudah basi dan banyak yang tahu, tapi masih banyak pula orang yang belum tahu. Oleh karena itu, cara ini berlaku hanya untuk yang belum tahu saja.

Sudah tahu kan PDF itu apa?

PDF atau singkatan dari Portable Dokumen Format adalah format berkas yang dibuat olah Adobe System untuk keperluan dokumen digital (lihat wikipedia). Berkas/file dikatakan PDF apabila dibelakang nama file tersebut berekstensi ”.pdf” misalnya PMK No. 53/PMK.02/2014.pdf. Untuk membuka file tersebut diperlukan software Adobe Reader, Foxit Reader, Slim PDF Reader, Nitro Pdf Reader, dsb.

Yang mau saya share sekarang bukan sofware yang bisa membuka file pdf, tetapi software yang bisa membuat  file pdf.  Software ini bernama doPDf.  Software doPDF  akan menjadi driver printer virtual sama seperti Foxit Reader, sehingga setelah instalasi berhasil, akan muncul di daftar Printer sobat.

Langsung saja Download terlebih dahulu softwarenya  : Installer doPDF

Cara Penggunaannya sangat gampang.. Setelah sobat unduh, selanjutnya silahkan sobat buka dan install sampai selesai. Selanjutnya buka dokumen apa saja yang ingin sobat cetak, (Microsoft Word, Excel, Cetak SPM, atau piranti lunak lainnya), pilih Cetak Printer dan pilih doPDF pada pilihan printer yang akan digunakan untuk mencetak. Hasil cetakan akan menjadi file pdf.

Sekian trik ini, semoga bermanfaat. Salam Bendahara.

IKUTI POST DISINI

Twitter Feed Facebook Google Plus Youtube